Kelebihan Sosial Media Sebagai Sarana Kampanye Pilkada

Dialogis.id – Media sosial dalam fungsi keterhubungan sangat tinggi karena melalui media sosial masyarakat dapat langsung berkomunikasi dengan kandidat melalui akun media sosialnya, (11/07/2024).

Sumber Foto: Katalisnet

Beberapa keuntungan menggunakan media sosial maupun media massa sebagai sarana informasi edukatif serta pemaparan visi – misi bagi calon kandidat khususnya Pilkada yang akan berlangsung di Kabupaten Parigi Moutong pada November 2024 mendatang.

Pertama, media sosial memberikan kemudahan akses bagi calon pemilih, kandidat secara langsung dapat berinteraksi dengan calon pemilih dengan skala dan intensitas yang lebih mudah dibandingkan melalui pola kampanye tradisional seperti door to door, brosur, bahkan peliputan oleh media cetak atau televisi. Pemanfaatan media sosial dalam kampanye Pilkada menawarkan keterlibatan secara langsung antara kandidat dengan calon pemilih melalui ruang interaksi dan diskusi: dengan menyukai, memberi komentar, dan membagikan pesan.

Kedua, selain mudah diakses, media sosial pun murah untuk dijangkau oleh para penggunanya yang saat ini mencapai 132 juta orang di Indonesia. Walaupun tidak semua daerah dapat mengakses sosial media, jangkauan yang luas tersebut sepenuhnya dapat mengurangi biaya kampanye yang selalu terbilang mahal.Padahal platform sosial media seperti facebook, whatsapp, instagram, dan lainnya tidak memiliki biaya yang mahal dalam proses penyebarluasan materinya.

Ketiga, media sosial memiliki outreach yang luas karena orang sangat mudah untuk membagikan konten atau informasi yang didapatkannya. beberapa fitur, pesan kampanye dapat disesuaikan dengan kondisi demografis calon pemilih sehingga lebih terukur dan tepat sasaran.

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *